Ppkm Degree Four Kembali Diperpanjang Hingga 9 Agustus

Kami berharap pariwisata dibuka kembali, tapi kami menyadari pemerintah tidak mudah untuk membuka pariwisata karena pandemi COVID-19 telah menelan korban jiwa dan memang akhirnya kami yang terkena dampaknya,” ungkapnya. Sebenarnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pernah mengatakan, pelonggaran pembatasan akan dilakukan secara bertahap jika situasi pandemi Covid-19 menunjukkan perbaikan. “Ya meski diperketat atau dilonggarkan yang pasti kesehatan harus tetap diutamakan kasus Covid-19 harus turun lagi, kan percuma jika ekonomi berjalan kalau angka kasus covidnya yang direm naik lagi, jadi setengah-setengah majunya ekonomi,” paparnya. Dicky menyebut pemerintah tidak perlu takut penambahan kasus covid-19 harian menjadi banyak selama PPKM sebab akan semakin banyak pula orang yang terdeteksi sehingga tidak menular liar di masyarakat.

PPKM kembali diperpanjang

PPKM Mikro akan kembali diperpanjang karena berakhir per Senin (5/4) besok. Perpanjangan ini pun akan diikuti dengan penambahan provinsi pelaksana yang bertambah 5 lagi. PPKM Level four sendiri merupakan perpanjangan dari PPKM Darurat yang berlaku 3-20 Juli 2021 lalu. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, perpanjangan PPKM Mikro ini dilakukan setelah adanya rapat dengan Presiden Joko Widodo dan stakeholder.

Meski begitu, Pemerintah tetap memperpanjang masa berlaku Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Pulau Jawa dan Bali hingga 25 Juli 2021, namun namanya kini bukan lagi PPKM Darurat. “Jadi menemukan virus ini adalah kuncinya, dengan cara testing kita minimal satu juta, sehingga kita terhindar dari jebakan lockdown dan PPKM, ini harus konsisten, vaksinasi dan 5M juga harus,” sambung Dicky. Meski demikian, Presiden mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam menyikapi tren perbaikan ini dan tetap waspada menghadapi varian delta yang sangat menular. Dari sektor keuangan di Indonesia pun, lanjut dia, terlihat dinamika lapisan masyarakat Indonesia, yang terlihat dari jumlah tabungan di bawah Rp 1 juta dan di atas Rp 10 juta. Sementara itu, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengungkapkan alasan pemerintah memilih untuk menerapkan PPKM di tengah Covid-19 dibanding lockdown seperti negara lain.

Begitu sebaliknya, ketika orang tidak sehat, maka tidak bisa menjalankan kegiatan ekonomi,” ujarnya. DENPASAR, BALIPOST.com – Perpanjangan PPKM Level four Jawa-Bali memukul pelaku usaha karena pembatasan yang cukup ketat masih diberlakukan. Para pengusaha di Bali pun berharap setelah berakhir pada 2 Agustus, tidak akan ada perpanjangan. Liputan6.com, Jakarta Kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM degree Beli Free Spin 3-4 akan berakhir besok, 2 Agustus 2021. PPKM diberlakukan untuk membatasi mobilitas masyarakat demi mencegah penyebaran Covid-19. Terkait dengan pengaturan dan pembatasan kegiatan masyarakat, kebijakan pembatasan kegiatan tetap sama seperti sebelumnya, kecuali untuk kegiatan belajar mengajar dan kegiatan seni budaya yang dilakukan perubahan.

Dalam sidang Tahunan MPR-DPR-DPD 2020 digelar di Gedung Nusantara, para politisi yang hadir dibatasi untuk menjaga protokol kesehatan. Ketua Fraksi PAN DPR itu juga berharap pemerintah mempercepat proses vaksinasi yang sekarang sedang dilaksanakan. Menurutnya, beberapa hari terakhir ini proses pelaksanaan vaksinasi sedikit terlambat. Dilansir dari Republika.co.id, terkait hal tersebut, Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay menilai, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika PPKM diperpanjang. Terkait tingkat penyebaran Covid-19 di Sumsel, Deru menambahkan, saat ini Sumsel menjadi salah satu Provinsi di Indonesia yang tidak masuk dalam kategori tinggi penyebaran Covid-19. Saleh mengatakan program vaksinasi massal yang dicanangkan pemerintah juga harus dijalankan dengan baik.

Sejumlah pihak lantas mendesak pemerintah untuk kembali memperpanjang masa PPKM Darurat, mengingat lonjakan kasus masih meningkat. Bahkan Indonesia beberapa kali mencetak rekor angka penambahan kasus dan kematian sejak kebijakan ini berlaku. “Prediksinya PPKM akan berlanjut tapi pemerintah melakukan pelonggaran lagi atau turun ke stage three,” kata dia saat dihubungi merdeka.com, Minggu (1/8).

Para pengendara serta orang yang bepergian dengan alat transportasi yang sudah disebutkan pun perlu melakukan prokes dengan ketat. PPKM darurat sendiri sejak awal diadakan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 yang sudah merajalela. Terlebih, virus Covid-19 varian Delta disebut memiliki tingkat penyebaran yang lebih cepat.

Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda. Presiden Joko Widodo juga menyebutkan bahwa lockdown atau karantina wilayah secara penuh tidak menjamin persoalan pandemi Covid-19 selesai. Namun, dalam beberapa hari mendatang, keputusan apakah akan diperpanjang kembali atau tidak akan segera disampaikan pemerintah.

Menko Airlangga meyakinkan, meskipun diterapkan PPKM Darurat (di Jawa-Bali) dan PPKM Mikro diperketat (di Luar Jawa-Bali), namun kegiatan di Sektor Esensial tetap beroperasi, sehingga tidak akan menimbulkan kekhawatiran gelombang PHK kembali. “Juga terus dijaga dengan mendorong kegiatan ekspor, termasuk ekspor dari UMKM. Lalu dengan bantuan sosial yang dilanjutkan dan dipercepat, seperti diskon listrik, dan juga kegiatan-kegiatan lain yang menopang sektor produktif. Kita akan memonitor dan mengevaluasi terus di masa sekarang, maupun setelah 20 Juli,” ujarnya.