Ragam Manfaat Vitamin D Untuk Tubuh

Tanpa adanya vitamin D yang cukup, seseorang tidak bisa membentuk hormon kalsitriol yang memadai untuk menyerap kalsium dari makanan. Berdasarkan rekomendasi Angka Kecukupan Gizi dari Kementrian Kesehatan, kebutuhan harian vitamin D untuk wanita maupun pria dewasa adalah 15 mikrogram atau setara dengan 600 IU. Sedangkan lansia disarankan untuk mencukupi vitamin D harian sebanyak 20 mikrogram atau setara dengan 800 IU. Untuk menambah asupan vitamin D di dalam tubuhnya, para penderita gangguan ginjal disarankan untuk mencukupi vitamin D3 dari makanan atau suplemen. Penyakit ginjal tertentu, seperti gagal ginjal kronis, dapat membuat fungsi ginjal dalam menghasilkan vitamin D menjadi terganggu. Akibatnya, banyak pasien gagal ginjal yang mengalami kekurangan vitamin D.

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel dari radikal bebas. Vitamin C juga berperan dalam proses produksi kolagen untuk perbaikan & pertumbuhan jaringan tulang, gigi, serta kulit. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan tubuh lebih rentan terkena infeksi dan penyakit scurvy yaitu kerusakan jaringan tubuh yang memiliki gejala awal sariawan serta kelelahan pada tubuh. Vitamin D memiliki fungsi penting guna mengatur kadar kalsium dan pemeliharaan kadar fosfor di dalam darah. Sistem imunitas tubuh memiliki berbagai cara untuk mengatasi ancaman bakteri dan virus.

Fungsi dari vitamin D

Suplemen adalah pilihan untuk memastikan anak Anda mendapatkan vitamin D yang cukup, tapi jangan berlebihan. Dosis maksimum vitamin D/hari adalah 2.500 IU untuk usia 1-3 tahun, 3.000 IU untuk usia 4-8 tahun, dan dari usia 9 tahun – ke atas , 4.000 IU/hari. Sumber makanan lain dari vitamin D termasuk kuning telur, minyak ikan cod, hati sapi, margarin, yoghurt, dan beberapa keju. Keju dan es krim mungkin menjadi sumber kalsium lezat, tetapi Anda perlu membaca label nutrisi untuk mengetahui apakah Anda mendapatkan vitamin D.

Pyridam Farma Tbk di tengah lonjakan kasus COVID-19 di masa PPKM Darurat. Vitamin D adalah hormon steroid yang dibuat ketika radiasi UVB dari matahari mengenai kulit. Antioksidan, anti-inflamasi dan modulator kekebalan, membantu tubuh memerangi Covid-19.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin D yang cukup mampu mengurangi risiko seseorang untuk terinfeksi virus corona. Manfaat vitamin D membantu tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan optimal hingga mencegah risiko penyakit. Jika Anda tidak bisa mendapatkan cukup vitamin D dari makanan dan tidak mendapatkan Agen PAY4D Terpercaya banyak sinar matahari, suplemen vitamin D dapat membantu. Namun, Anda bisa berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum menggunakan suplemen secara rutin. Menurut salah satu penelitian eksperimental yang melibatkan hewan, vitamin D terbukti memperlambat, mencegah perkembangan, sampai merangsang kematian sel kanker.

“Vitamin D yang selama ini dikenal untuk kesehatan tulang ternyata mempunyai banyak manfaat, diantaranya menjaga fungsi saraf dan otot, kardiovaskuler, pernapasan, dan sistem imun tubuh kita. Vitamin D3 yang diluncurkan Kalbe saat ini adalah Prove D3 bentuk sediaan tetes dengan kandungan vitamin D3 400 IU per tetes. Prove D3 Drops merupakan vitamin D Drops 400 IU pertama yang dipasarkan di Indonesia. Meskipun berbentuk drops, Prove D3 bisa digunakan untuk anak dan dewasa termasuk usia lanjut. Prove D3 dikemas dalam botol tetes terstandar sehingga menjamin dosis yang diberikan sama untuk setiap tetesnya.

TEMPO.CO, Jakarta – Vitamin D3 adalah bentuk paling alami dari vitamin D yang merupakan vitamin larut dalam lemak prohormon. Vitamin D3 berperan penting dalam mengatur kadar kalsium di dalam tubuh dan menjaga kekuatan pada tulang dan gigi dam digunakan untuk mengobati penyakit tertentu. Penting untuk mendukung pertumbuhan sel, fungsi imun, juga kesehatan mata. Menurut Harvard Health Publishing, vitamin A juga menjaga kulit tetap sehat, berperan dalam pertumbuhan tulang dan sistem kekebalan tubuh.