Terlalu Banyak Minum Kopi

Hal ini disebabkan oleh senyawa yang ada dalam kopi yang disebut sebagai fenilindan. Studi yang terbit dalamJournal of Psychopharmacology melaporkan mengkonsumsi kafein sebanyak itu dapat menyebabkan tingkat stres, kecemasan, dan depresi yang tinggi. Peneliti juga mengatakan mengkonsumsi lebih dari seribu miligram kafein sepekan terbukti menjadi prediktor kecemasan tinggi. Seperti dilansir Healthline, selain kafein, kopi juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Dalam 240 mililiter kopi, terdapat Vitamin B1, B2, B3, B5, folat, potasium, magnesium, hingga fosfor, dan antioksidan yang sangat tinggi.

Manfaat lain dari kopi adalah melindungi kita dari penyakit Dimensia dan Alzheimer. Satu penelitian menyelidiki bagaimana waktu konsumsi kafein mempengaruhi tidur. Peneliti memberi 12 orang dewasa sehat 400 mg kafein enam jam sebelum tidur, tiga jam sebelum tidur atau sesaat sebelum tidur. Dalam riset ini, para peneliti meminta partisipan untuk minum four hundred miligram kafein dalam bentuk kopi, sekitar 6 jam sebelum tidur, tiga jam sebelum tidur, dan juga sesaat sebelum tidur. Para partisipan yang terbagi dalam 3 kelompok itu pun merasakan insomnia atau susah tidur.

Menurut seorang pakar kesehatan dan nutrisi, dr. Jansen Ongko, MSc., RD., konsumsi kopi yang berlebihan bisa memicu detak jantung lebih cepat dari biasanya. Hal ini terjadi pada orang-orang yang punya masalah kesehatan jantung. Dalam beberapa kasus, jantung yang berdetak cepat, bisa menyebabkan pusing dan pingsan. Tidak heran, dokter seperti dilansir jurnal Frontiers in Psychiatry, sekitar ninety PRAGMATIC PLAY four persen merekomendasikan penghentian konsumsi kafein, bagi mereka yang jantungnya berdetak cepat, setelah minum kopi.

Kerugian konsumsi terlalu banyak kopi

Hal ini dikarenakan kafein dapat memicu dimulainya mekanisme “fight” atau “flight” di dalam tubuh Anda. Sebaliknya, konsumsi kafein yang moderat tak akan berpengaruh pada kebiasaan tidur bahkan pada mereka yang mengidentifikasi diri mengidap insomnia. Di sisi lain, konsumsi berlebihan bisa membuat orang sulit tidur.

Dalam sebuah penelitian, jika dikonsumsi lebih dari 1.000 miligram sehari, kafein dapat menyebabkan munculnya rasa gugup dan kegelisahan. Meski jarang terjadi namun salah satu efek negatif terlalu banyak minum kopi yang harus diwaspadai adalah menyebabkan kerusakan otot atau rhabdomyolysis. Rhabdomyolysis sendiri adalah suatu kondisi rusaknya serat-serat otot dan keluarnya isi serat tersebut ke dalam aliran darah.