Vitamin D Penting Untuk Meningkatkan Imun Di Masa Pandemi

Namun, jika terlalu lama terpapar sinar ini akan menyebabkan kulit gosong atau kemerahan. Untuk mencegah hal itu, dapat memakai krim proteksi sinar matahari atau sunblock dengan SPF tertentu. Tak hanya itu, ia juga menganjurkan warga Surabaya untuk minum vitamin C, rajin olahraga, dan istirahat teratur. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sampai mengeluarkan imbauan untuk warganya membiasakan dirinya berjemur di tengah pandemi corona. Paling tidak kegiatan ini bisa dilakukan minimal 15 menit setiap hari pada pagi atau sore hari. Pakaian yang tidak bersih dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Berjemur matahari efektif meningkatkan imunitas tubuh

Tengah hari, mulai dari jam 10.00 hingga jam 11.00 siang dikatakan merupakan waktu terbaik untuk berjemur. Untuk memastikan lansia tidur dengan nyenyak pada malam hari, lakukan ritual tertentu sebelum tidur. Sebagai contoh lansia dapat melakukan peregangan, minum secangkir teh, membaca buku, atau ritual lainnya. Saat sakit, tubuh semakin lambat dalam menjalani proses pemulihan, karena sel imun dalam tubuh semakin sedikit. Pandemi Covid-19 bisa menjadi kesempatan yang baik untuk membangun keluarga sehat/ Caranya dengan menghindari stres, mengonsumsi makanan sehat dan tetap aktif. Jangan lupa untuk memantau kondisi kesehatanmu secara rutin ya, Gengs!

Banyak orang mengalami stres karena selama pandemi ini kita tetap dipaksa untuk melakukan kegiatan seperti biasa tetapi dengan cara online. Beberapa kegiatan produktif yang bisa dilakukan di rumah adalah berolahraga, berkebun, menonton program edukatif, membersikan rumah, dan kegiatan lainnya. Dalam kesehatan psychological, sinar matahari juga berguna untuk mengurangi rasa kecemasan, stress, hingga depresi. Maka dari itu, mari kurangi stress dengan bermeditasi ataupun melakukan mindfulness, agar sistem imun kembali kuat. Mengutip dari symptoms webmd, stress yang berkepanjangan akan menimbulkan masalah akibat menurunnya imunitas tubuh. MOMSMONEY.ID -Saat Pandemi Covid-19 masih terus berlangsung, hal utama yang perlu kita jaga adalah imunitas tubuh.

Salah satu manfaat berjemur di bawah sinar matahari adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ahli gizi Dokter Tan Shot Yen mengatakan sinar matahari pada pukul 10 pagi merupakan waktu yang paling Kakek Merah tepat karena matahari pada jam tersebut akan memancarkan sinar ultraviolet B. Dan UV B ini gelombangnya lebih pendek, didaerah khatulistiwa sekitar jam 10.00 WIB sinar matahari ini sudah ada.

Oleh karena itu, pastikan untuk tidak lupa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin. Vitamin D yang diproduksi oleh tubuh dari saat proses berjemur di bawah sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Vitamin D dapat meningkatkan kadar kalsium dan fosfor di dalam tubuh, menjaga fungsi otot dan saraf, serta meningkatkan daya tahan atau sistem imun tubuh dalam melawan infeksi. Belum ada penelitian yang menyebutkan virus akan mati di suhu yang panas. Dr.Tan Shot Yen mengungkapkan, tidak benar orang dengan berjemur di bawah sinar matahari dapat membunuh virus.

Kisaran waktu tersebut dikatakan sebagai waktu terbaik untuk berjemur. Jika kita rutin berjemur di waktu yang tepat ini, tubuh akan mendapatkan asupan vitamin D dalam jumlah yang cukup, tentunya akan melindungi tubuh kita dari virus Covid-19. Rentang waktunya pun tidak perlu terlalu lama hanya sekitar 10 sampai 15 menit saja. Ngeliat jumlah kasus positif COVID-19 yang makin bertambah tiap harinya, menjaga imunitas tubuh jadi hal penting yang perlu lo lakuin secara konsisten.

Membentuk kebiasaan seperti ini dapat membantu tubuh dan pikiran terbiasa, sehingga setiap melakukannya, tubuh dan pikiran menerima sinyal bahwa aktivitas tersebut penanda waktu tidur. Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat. Penelitian menunjukkan adanya kemungkinan virus corona bisa menyebabkan kerusakan jantung. Paparan sinar matahari dapat memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati dan membuat perasaan lebih tenang. Anda yang tidak memiliki waktu untuk berjemur, dapat mencoba berjemur di bawah lampu UV yang dibuat menyerupai sinar UV B matahari. Akan tetapi, Anda tetap harus membatasi penggunaannya, yaitu sekitar 15 menit saja untuk menghindari efek radiasi terhadap kulit.